6 Mindset Salah Ketika Belajar

penaqolbi – Hallo kawan. Pasti banyak dari kalian yang terkadang udah punya niat mau belajar tapi ada aja alasan yang membuat kita jadi males belajar. Salah satunya seperti yang dibawah ini, Yuk simak!

  1. “Aku gak tau harus mulai dari mana”
    Sebelum memulai belajar, cobalah untuk mempersiapkan keseluruhan materi yang akan dipelajari. Ini berguna supaya kamu gak bingung ketika sudah beres dengan satu pelajaran. Tentukan prioritas, susun waktu secara realistis. Mulailah belajar lebih awal. jika tidak memungkinkan, belajarlah minimal satu atau dua jam perhari.
  2. “Materinya banyak bangett.. padahal waktu aku cuma dikit dirumah”
    Lakukan review, bacalah terlebih dahulu silabus yang ada dan buatlah catatan kecil. Identifikasikan topik yang paling penting didalam materi dan lingkarilah materi yang menurutmu masih belum dimengerti. Dengan melakukan review, kamu akan menghemat waktu untuk fokus ke materi utama.
  3. “Materinya ngebosenin.. baru baca dikit aja udah ngantuk duluan.. duuhhh”
    Kalau merasa bosan, berbaurlah dengan materi yang kamu pelajari. Buatlah pertanyaan seperti “materi apa sih yang paling penting di bab ini?” Ambilah catatan dan beri stabilo untuk poin tersebut. Diskusikan dengan teman sekelas, jadi gak ada lagi deh ngantuk yang melanda.
  4. “Udah dibaca, udah ngerti sih. Tapi materinya kok ga masuk otak terus ya?”
    Disetiap kegiatan belajar, hayati dan tekunilah materi tersebut. Karena, kita akan mengingat hal yang paling penting di hidu kita. Ketika kamu membaca, cobalah untuk mengolah informasi dengan menggunakan contoh agar kamu lebih mudah mengingat.
  5. “Kayanya aku udah lumayan ngerti deh”
    Tes dirimu sendiri! Cobalah menanyakan kembali materi yang baru kamu baca, Tanyakan katerkaitan antara konsep dan isi pelajaran. Dengan sering bertanya kepada diri sendiri, kamu bisa menemukan banyak pertanyaan dan konsep untuk mempertajam ingatanmu.
  6. “Banyak banget nih yang harus dihafal”
    Merasa materi kamu kebanyakan? Organisirlah materi yang ingin kamu hafalkan. Buatlah mind map untuk setiap materi sehingga terlihat lebih sistematis

Selain itu, kamu bisa meng-grupkan antara topik, isi dan detail yang masih merupakan satu kesatuan.

Sekarang, sudah tahu kan kesalahan yang suka kamu keluhkan saat belajar? Yuk perbaiki dari sekarang, supaya belajarmu makin efektif dan efisien. Semangaaat!!!^.^

Leave a Reply

Comment
Name*
Mail*
Website*